Manna for Your Day

Menyenangkan Hati Tuhan


Tujuan Tuhan menciptakan kita adalah untuk menyenangkan hati-Nya.

“tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.” Yeremia 9 : 24

Yeremia 9 : 23-26

Dalam bukunya The Purpose Driven Life yang sangat terkenal, Pdt. Rick Warren berkata: “Jika hari ini kita mengenal Tuhan lebih baik dari hari kemarin, kita dapat dikategorikan orang yang berhasil menjalankan hidup.” Saya sempat merenungkan pendapat Pdt. Rick Warren ini cukup lama, dan timbul pertanyaan dalam hati: “kok begitu sederhana sekali?” tetapi setelah saya merenungkan firman-Nya dalam Yeremia yang kita sedang baca, saya baru memahami  pendapat Pdt. Rick Warren.

Kita tahu dengan pasti, bahwa tujuan Tuhan menciptakan kita adalah untuk menyenangkan hati-Nya. Oleh karena itu, Yeremia memberikan peringatan kepada kita tentang rahasia menyenangkan hati Tuhan. Ada 3 hal rahasia menyenangkan hati Tuhan:

  1. Hendaklah Hidup kita mengandalkan Sumber Berkat, bukan mengandalkan berkat itu sendiri. (9:23) Kita tahu dengan jelas, fakta-fakta berkat tidak pernah dapat dipakai sumber jaminan hidup kita. Orang paling bijak di dunia Raja Salomo, akhirnya menyadari akan kesia-siaan hidupnya. Presiden Amerika adalah orang yang paling mendapatkan jaminan perlindungan keamanan nomor satu di dunia. Tetapi banyak dari mereka tertembak (JF Kenendy, Ronald Reagan dll), dan ada 10 orang terkaya di Amerika yang pada akhir hidupnya sangat menyedihkan.
  2. Hendaklah hidup kita semakin mengenal Tuhan dari hari ke hari. Banyak orang Kristen rajin membaca Firman Tuhan bahkan mengambil sekaolah teologi, mereka tahu banyak tentang Firman Tuhan tetapi mereka banyak yang gagal mengenal Tuhan. Tuhan lebih menyukai pengenalan kita terhadap-Nya dari pada sekedar tahu Firman-Nya atau bahkan pandai menyampaikannya. (9:24)
  3. Mentaati Firman Tuhan sebagai bentuk kita memahami Firman-Nya. Ada perbedaan antara mengetahui, mengenal dan memahami. Saya tahu dan kenal isteri saya, tetapi belum tentu saya memahami isteri saya dengan melakukan apa yang disukai, dan menghindari yang tidak disukai olehnya. Dengan memahami rencana dan kehendak Tuhan, kita dapat terhindar dari hukuman. (9 : 25-26 ; Mat 7 : 21-23)

Inspirasi: Apakah saudara sering ingin dipahami Tuhan ataukah berusaha lebih memahami Tuhan?

Moment of Inspiration.

  


View count: 2727 views



2 Responses to “Menyenangkan Hati Tuhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>